Dinas Pendidikan & Kebudayaan Prov. Lampung Adakan Seminar Wawasan Kebangsaan Bagi Kepala SMA/SMK/SLB

Dinas Pendidikan & Kebudayaan Prov. Lampung Adakan Seminar Wawasan Kebangsaan Bagi Kepala SMA/SMK/SLB

Bandar Lampung, (17/11/21). Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung mengadakan acara Seminar Peningkatan Wawasan Kebangsaan bagi Kepala SMA/SMK/SLB se-Provinsi Lampung yang bertempat di Balai Keratun. Kegiatan yang mengangkat tema “Penguatan wawasan kebangsaan untuk cegah tangkal intoleransi dan radikalisme” tersebut dihadiri oleh narasumber Kepala Kepolisian Daerah Lampung dan Komandan Korem 043 Garuda Hitam

Dalam Sambutan Gubernur Lampung yang di wakili oleh Drs. Qodratul Ikhwan, M.M Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setdaprov Lampung menyatakan “Indonesia lahir melalui kesepakatan bersama dari bangsa yang memiliki perbedaan suku bangsa, agama, ras, dan budaya. “Keragaman harus dikelola oleh pemimpin nasional sebagai potensi dalam upaya memelihara persatuan bangsa demi utuh dan tegaknya NKRI. Sikap ini juga harus dimiliki oleh para pemimpin dalam memperjuangkan kepentingan rakyat di daerah masing-masing.”

“Peran Kepala Sekolah dan Guru dalam proses pendidikan menjadi sangat penting terutama pada era digital, internet of thing dan Revolusi Industri 4.0 dimana batas ruang dan waktu menjadi hilang. Peserta didik dengan mudah memperoleh informasi yang baik yang bersifat positif maupun negatif. Kondisi seperti ini jika dibiarkan akan merusak jati diri peserta didik sebagai generasi penerus bangsa. Nilai-nilai wawasan kebangsaan diharapkan mampu menjadi penangkal bagi peserta didik dari pengaruh negatif yang merusak keutuhan negara” lanjutnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pendidikan melalui Sekretaris Dinas P&K, Tommy Efra Handarta, S.STP, M.Si. menyampaikan bahwa kegiatan tersebut diikuti oleh Kepala SMA/SMK/SLB Bandar Lampung 55 orang, Ketua MKKS SMA/SMK/SLB 31 orang serta diikuti secara virtual melalui zoom sebanyak Kepala SMA Negeri/Swasta 464 orang, Kepala SMK Negeri Swasta 455 orang dan Kepala SLB Negeri Swasta 20 orang.

“Di sinilah urgensi diadakannya seminar tentang wawasan kebangsaan bagi para kepala sekolah yang selanjutnya dapat mengantarkan para peserta didik memiliki wawasan kebangsaan yang benar. Sekarang ini percepatan budaya dari luar saat ini sangat berkembang, terutama melalui siaran televisi, media sosial yang bisa mempengaruhi masyarakat. Oleh sebab itu, perkuat budaya lokal kita dengan banyak melakukan pembinaan dan memberikan edukasi kepada peserta didik” ungkap Sekretaris Dinas dalam sambutannya.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published.